Kamis, 01 September 2016

#6 Rahasia menulis stephen king terungkap

Diposting oleh rojak97

#6 Rahasia menulis stephen king terungkap

Menulis merupakan hal yang sangat asik untuk di jadikan hobby. Ada banyak tokoh penulis novel terkenal di dunia yang bisa kita jadikan sumber inspirasi menulis. Seperti novelis dunia yang satu ini "Stephen King" seorang penulis hebat yang sudah berhasil menerbikan 50 lovel dan semuanya best seller di seluruh dunia.Stephen king juga sudah banyak memenangkan penghargaan. Dia mendapatkan julukan sebagai raja novel dunia. Selama 40 tahun ia menulis tentu sudah sangat banyak pengalaman yang stephen king lalui hingga menjadi seperti sekarang ini. Dalam sebuah wawancara dia membagikan beberapa rahasia menulis stephen king hingga terkenal dan bagaimana cara membuat novel menjadi best seller.



Menurut stephen king hanya ada dua rahasia menulis yang paling penting untuk di terapkan. Rahasia menulis stephen king yang pertama adalah harus banyak membaca. Rahasia menulis stephen king kedua adalah menulis. Tulislah apa yang anda baca menjadi sebuah karya yang baru.
Penulis novel indonesia "asma nadia" juga mengatakan demikian. Asma nadia mengatakan bahwa "membaca itu sekolah penulis". Bagi seorang penulis, membaca itu sangat penting. Seorang Andrea Hirata, penulis best seller laskar pelangi bisa menghabiskan beberapa novel dalam seminggu untuk di baca. Karena jika kita tidak suka membaca, maka kita tidak memiliki stok untuk menulis. Kalau tidak memiliki stok ataupun bahan untuk di tulis maka kita tidak tau mau menulis apa. Oleh karena itu perbanyak membaca agar mempunyai bahan untuk di tulis. Kalau menurut saya pribadi semua ini persis seperti membuat makanan. Membaca itu seperti bahan-bahan yang ingin di masak. kita tidak bisa memasak tanpa memiliki bahan-bahan untuk di masak.

Itu adalah secara garis besarnya saja. Sekarang kita masuk ke 6 Rahasia menulis stephen king.

#6 Rahasia menulis stephen king terungkap


1. Jangan Takut Salah
Rahasia menulis stephen king pertama adalah jangan takut salah. Ketika anda memulai untuk menulis maka anda harus yakin pada diri sendiri. Apapun yang terjadi, bagaimanapun hasilnya itu adalah karya anda. Kalau mereka tidak suka dengan karya anda yasudah, abaikan aja. Sebagai seorang penulis maka anda bebas mengatur cerita apa yang mau di tulis sesuka hati. Itu kan cerita anda, jadi mereka tidak ada hak mengatur apa yang ingin anda tulis. Sebagai seorang penulis harus yakin pada apa yang ingin di tulis. Jika ada yang tidak suka maka abaikan saja. Jika ada yang mengkritik dan memberi saran, coba dengarkan saran mereka karena itu akan membangun karya tulis anda menjadi lebih baik lagi. Semua penulis pada saat mengawali karir dalam menulis pasti tidak percaya diri dengan hasil karya mereka. Jadi saya rasa itu adalah hal yang wajar ada pada setiap penulis baru. Namun demikian, coba untuk yakin pada diri sendiri. Yakin bahwa karya anda itu bagus. Kemudian minta kritik sama orang terdekat agar tulisan anda menjadi lebih baik lagi kedepannya.

2. Hindari banyak nonton TV
Rahasia menulis stephen king yang kedua adalah hindari banyak menonton TV. Menurut stephen king menonton TV hanya merambat kreativitas saja. Tapi kalau menurut saya, kalau menonton yang bermanfaat tidak ada salahnya. Pendapat orang beda-beda dan ini judulnya adalah 6 rahasia menulis stephen king jadi itu adalah rahasia dia dalam menulis. Kita boleh mengikutinya ataupun tidak bagi dia itu tidak masalah karena dia juga tidak menyuruh kita untuk mengikutinya. Stephen king hanya membocorkan saja rahasia menulis nya selama ini.

3. Bahagia berimajinasi
Rahasia menulis stephen king yang ketiga adalah Bahagia berimajinasi. Sebagai seorang pemenang sejumlah penghargaan, Stephen menyarankan agar penulis menghasilkan sebuah karya yang bersifat membahagiakan atau kalau pun tidak, setidaknya elemen zero-to-hero atau kepahlawanan ada dalam kisah yang ditulis.


Walaupun banyak dari karyanya ber-genre horor, Stephen selalu berusaha menyelipkan makna-makna positif tertentu seperti keberanian dan perjuangan melawan rasa takut. Untuk kisah non-fiksi, ia menilai banyak pembaca gemar dengan kisah yang menonjolkan aksi seorang pahlawan sebagai salah satu karakter utamanya.

4. Gunakan imajinasi
Rahasia menulis stephen king yang keempat adalah menggunakan imajinasi. Ya, sebagai penulis fiksi yang harus kita gunakan adalah imajinasi. Kata stephen king banyak penulis yang takut menggunakan imajinasi untuk menulis. Banyak penulis yang takut menggunakan imajinasi karena takut di bilang aneh, abnormal, karena tidak sesuai dengan pandangan masyarakat.

"rasa ketakutan akan melahirkan tulisan yang buruk" kata stephen king.

5.Fokus
Rahasia menulis stepehn king selanjutnya adalah fokus. Stephen menyarankan agar menjauhkan diri dari HP, TV, dan hal yang menggangu kosentrasi lainya. Karena itu hanya membuat kita tidak fokus, memecahkan kosentrasi, dan berakhir dengan kualitas tulisan yang buruk.

6. Jangan menulis karena uang
Rahasia menulis stephen king yang terakhir adalah jangan menulis karena uang. Banyak orang yang menulis karena uang itu berujung dengan ketidakberhasilan.
“Menulis itu bukan soal menghasilkan uang, menjadi terkenal, mendapatkan seorang kekasih dan teman. Pada akhirnya, menulis adalah sebuah bentuk upaya untuk membuat hidup sang penulis dan pembaca lebih berarti dan lebih berwarna. Kisah Anda harus bisa membuat orang mau bangkit, mau menjadi lebih baik, mau menyelesaikan sesuatu, dan mau meraih kebahagiaan,” jelasnya seperti dilansir dari Forbes.

Itulah 6 rahasia menulis stephen king yang saya kutip dari berbagai sumber. Saya juga masih belajar dalam menulis. Mari kita sama-sama belajar menulis dengan berkomentar di bawah. Saya masih jauh dari kesempurnaan dan jika kalian mau mengkritik, tentu itu sangat saya hargai.

2 komentar:

  1. kalau gue gan takut bermijanasi gan solnya takut salah pasti ane lihat tv

    BalasHapus